Sejarah SLB Bina Kasih Srumbung

SLB Bina Kasih

Sekolah Luar Biasa (SLB) Bina Kasih Srumbung berdiri pada tahun 1992 di Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Sebagai pemrakarsa berdirinya SLB Bina Kasih Srumbung yaitu atas dasar keprihatinan dr. Harda Nuryahwandana yang merupakan dokter di puskesmas kecamatan srumbung. Dengan banyaknya anak berkebutuhan khusus yang diperiksanya, maka dr. Harda mempunyai inisiatif untuk memberikan pelayanan dan pendidikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus itu dalam suatu lembaga sekolah, dikarenakan banyak dari orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus yang kesulitan, baik dalam penanganan maupun untuk mensekolahkan anak-anak mereka karena kesulitan biaya. Maka di tahun 1992 dibentuklah pelayanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di bawah naungan Lembaga Pendidikan dan Pelayanan Anak Berkelainan (LP2AB) Bina Kasih Kecamatan Srumbung, meskipun hanya sekedar layaknya perkumpulan dikarenakan ijin penyelenggaraan sekolah belum diturunkan dari Kanwil Dinas Pendidikan setempat. Dengan tempat seadanya di aula puskesmas srumbung, anak-anak tersebut diberi pembelajaran dengan 1 orang guru utama yang berasal dari daerah srumbung yang dibantu oleh 3 orang pengajar sukarela dari SLB Negeri Kota Magelang.

Pada bulan maret tahun 1994 akhirnya mendapat pinjaman gedung dari MTS Muhammadiyah Srumbung, bangunan tersebut dalam kondisi rusak parah, lantainya bolong-bolong, genting bocor, dan banyak lubang tikus di lantai-lantai sekolah. Pada bulan Oktober 1994 mendapatkan bantuan rehab gedung yang diusulkan oleh Dinas Pendidikan Kecamatan Srumbung. Sehingga memiliki hak guna pakai gedung yang layak pakai. Selain bantuan tersebut juga mendapatkan bantuan beberapa tenaga pendidik tetap berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sebelumnya menjadi pengajar di SLB Negeri. Pada tanggal 28 maret tahun 1996 turunlah Surat Persetujuan / Ijin Pendirian Sekolah Luar Biasa Bina Kasih Srumbung dengan nomor: 473/I03/I/1996 dan secara resmi terdata dan diakui sebagai sekolah di bawah Dinas Pendidikan. Dan berangsur-angsur SLB Bina Kasih Srumbung dengan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak mampu membeli tanah dan membangun gedung sekolah atas milik sekolah serta mulai mengangkat beberapa Guru Tetap Yayasan (GTY) sebagai tambahan tenaga pengajar. Hingga kini tidak hanya anak-anak berkebutuhan khusus yang berasal dari kecamatan srumbung saja yang bersekolah di SLB Bina Kasih Srumbung, tetapi juga menerima siswa-siswi yang berasal dari luar daerah tanpa dipungut biaya sekolah ataupun pungutan lainnya.

Jenis ketunaan yang dilayani di SLB Bina Kasih Srumbung antara lain: Tuna Grahita, Tuna Netra, Tuna Rungu Wicara, Tuna Daksa, Autis, dan Down Syndrom. SLB Bina Kasih Srumbung Kabupaten Magelang kini dengan tenaga pengajar yang profesional dan sarana prasarana yang mendukung akan terus memberikan pelayanan dan pendidikan kepada Anak-anak berkebutuhan khusus agar mereka mampu menjadi manusia yang Mandiri, Terampil, Berakhlak Mulia, dan Berprestasi

"MELAYANI ABK ADALAH IBADAH KAMI"

 

Getting Info...

Posting Komentar


PENGUMUMAN


Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.