Tuna Netra

SLB Bina Kasih

Tuna netra adalah gangguan daya penglihatan, berupa kebutaan menyeluruh atau sbagian, dan walaupun mereka telah diberi pertolongan alat bantu khusus mereka masih tet ap mendapat Pendidikan khusus. Kehilangan kemampuan penglihatan adalah suatu kondisi dimana fungsi penglihatannya mengalami penurunan mulai dari derajat yang ringan hingga yang paling berat. Ada dua kategori besar yang tergolong dengan kehilangan kemampuan penglihatan yaitu:

1) Low vision yaitu, orang yang mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya yang berkaitan dengan penglihatan namun dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan menggunakan strategi pendukung penglihatan, melihat dari dekat, penggunaan alat-alat bantu dan juga modifikasi lingkungan sekitar.

2) Kebutaan yaitu, orang yang kehilangan kemampuan penglihatan atau hanya memiliki kemampuan untuk mengetahui adanya cahaya atau tidak.

Penyebab terjadinya kehilangan kemampuan penglihatan adalah karena adanya permasalahan pada struktur atau fungsi dari mata.

Ciri-ciri Tuna Netra :

Anak-anak dengan gangguan penglihatan dapat dietahui dengan cirri-ciri berikut

- Tidak mampu melihat

- Tidak mampu mengenali pada jarak 6 meter

- Kerusakan nyata pada kedua bola mata

- Sering meraba-raba/tersandung waktu berjalan

- Mengalami kesulitan saat mengambil benda kecil di sekitarnya

- Bagian bola mata yang hitam berwarna keruh/bersisik/kering

- Peradangan hebat pada kedua bola mata

- Posisi mata sulit dikendalikan oleh syaraf otak, antara lain mata bergoyang-goyang terus

Getting Info...

Posting Komentar


PENGUMUMAN


Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.